Senin, 05 Desember 2011

Kebebasan Finansial- Kau ada dimana?

"Pada kebanyakan kasus, ketika orang menghasilkan lebih banyak uang, mereka berutang lebih banyak. Inilah sebabnya mengapa uang saja tidak membuat Anda kaya " - Robert Kiyosaki

Kebebasan Finansial adalah topik yang sangat menarik di dunia saat ini. Setiap orang, termasuk putri saya yang berusia 17 tahun, ingin pensiun muda dengan banyak uang di rekening banknya. Ada ribuan seminar motivasi dan kursus keuangan tersedia di seluruh dunia yang mencoba untuk mengajar dan memimpin orang menuju kebebasan finansial. Sebagian besar dari kita mungkin menghadiri setidaknya beberapa dari seminar dan kursus itu. Banyak jaringan perusahaan pemasaran, penipuan investasi luar negeri dan online, asuransi dan perusahaan dana lainnya yang terkait mencoba untuk menginspirasi orang agar bekerja keras dan berinvestasi cerdas melalui mereka atau secara pribadi dengan janji kebebasan finansial.

Pada perjalanan bisnis baru-baru ini ke Brasil, saya bertemu dengan seorang koki Meksiko yang mengajak keluarganya ke Rio de Janeiro untuk liburan pendek. Kami membahas tentang bagaimana kehidupan menjadi lebih sulit di Meksiko karena kenaikan harga rumah, pendidikan, makanan, dan lain-lain sementara upah tetap cukup stagnan selama beberapa tahun terakhir. Walaupun terdapat tantangan ini, dia tampak bahagia dan puas dengan hidup dan keluarganya. Saya meragukan bila dia bahkan memiliki seratus ribu dolar dalam rekening tabungannya.

Kebebasan finansial bukan tentang berapa banyak uang yang Anda miliki di rekening bank. Ini bukan tentang aset, properti dan semua materi fisik yang dapat Anda miliki. Ini tentang pola pikir Anda, keterampilan Anda, pengetahuan Anda dan keyakinan Anda. Punya 10 juta dolar tidak akan membuat saya merasa kaya jika saya tidak tahu harus berbuat apa dengan uang itu. Berapa banyak pemenang lotre jackpot bangkrut dalam waktu 3 tahun setelah mereka memenangkan 20, 30, 50 juta dolar?

Saya, misalnya, merasa bebas secara finansial bukan karena saya memiliki beberapa juta saham Virgin Gold atau karena punya beberapa tabungan. Saya merasa bebas karena besok dapat memenuhi wawancara lainnya dengan perusahaan lain dan saya yakin dapat membawa mereka ke ketinggian baru. Saya merasa bahwa pengalaman dan kemampuan saya akan meyakinkan banyak direksi agar menawarkan pekerjaan yang layak pada saya. Bahkan jika saya memilih untuk mandiri, saya merasa cukup percaya diri bahwa saya dapat memulai sebuah bisnis konsultasi keuangan. Saya tidak berpikir bahwa saya dan keluarga saya akan pernah jadi miskin. Hal ini melekat pada pola pikir, keterampilan, pengetahuan dan keyakinan saya.

Anda dapat melihat Carlos Slim, Warren Buffet, Li Ka Shing, Liang Wengen, Lakshmi Mittal, Bill Gates, Mark Zuckerberg dan berpikir bahwa mereka bebas secara finansial karena ekuitas mereka, berapa banyak uang dan aset yang mereka miliki. Jika Anda membaca otobiografi dari sebagian besar orang terkaya di dunia, Anda akan menyadari bahwa uang bukanlah masalah mereka. Ini bukan karena mereka punya begitu banyak uang tetapi karena mereka tahu bagaimana cara mendapatkan, menggunakan dan mengelola kekayaannya. Apa yang mereka miliki adalah pola pikir yang benar, pengetahuan teknis dan kepercayaan diri. Itulah yang membuat mereka bebas secara finansial.

Pemegang Saham pernah bertanya pada saya apakah mereka bisa mencapai kebebasan finansial melalui Virgin Gold. Jawabannya adalah "ya" bagi beberapa orang dan "tidak" pada sebagian besar orang, tidak peduli walau 100.000CPS Anda bernilai 2 milyar dolar dalam beberapa tahun ke depan jika Anda kehilangan itu semua pada bagan perdagangan emas atau valas yang lainnya. Mungkin Anda menginvestasikan kekayaan yang baru Anda dapatkan ke beberapa usaha bisnis yang buruk dan jatuh ke dalam utang seperti yang kebanyakan orang lakukan. Ini bukan seberapa besar yang dapat Anda peroleh dari Virgin Gold. Ini tentang seberapa banyak yang dapat Anda pelajari. Kebebasan finansial adalah proses seumur hidup.

Conrad Alvin Lim, seorang pedagang online profesional dari Singapura menanyakan dua pertanyaan dalam bukunya, "Secret Psychology of Millionaire Traders":

1. Mengapa Anda ingin berdagang? Untuk menjadikan kehidupan keluarga saya lebih baik.
2. Bagaimana Anda akan melakukannya? Dengan belajar cara berdagang.

Dia menyarankan bahwa orang harus fokus pada belajar, bukan mencari uang dalam rangka mencapai tujuan akhir yaitu kemandirian finansial.
Saat kami mengucapkan selamat tinggal, teman koki Meksiko saya mengatakan bahwa “La vida continua (Hidup berjalan terus) dan saya tidak khawatir tentang uang karena saya seorang koki yang hebat. Saya akan selalu bisa mencukupi kebutuhan keluarga saya”.

Kenneth Elinger
CEO dan Presiden
Virgin Gold Mining Corporation

Tidak ada komentar:

Posting Komentar